SLD Menggelar Kegiatan Training Of Trainers 2023

SLD (Training Of Trainers Yayasan Tinas Timur)

SLDNews.com – Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan Yayasan Tunas Timur (Yatutim) menggelar acara Training of Trainer (TOT-GMP). Acara tersebut bertempat di aula SMA Wali Ate ,Kec.Wewewa Barat,Kab.Sumba Barat Daya. Kegiatan Training Of Trainer dilakukan pada tanggal 10-13 januari 2023. Pembukaan TOT dimulai pukul 08.00 wita . Kegiatan diawali dengan apel dalam ruangan serta Himne Tunas Timur ,Mars Tunas Tunas Timur dan doa dipandu oleh Pdt.Yosua Paza . Kamis(12/01/2023)

Dalam pantauan media kegiatan TOT Yatutim dihadiri langsung oleh Dr.Soleman Lende Dappa (SLD) selaku ketua umum Yayasan Tunas Timur dan Lorens Dairo Riti,S.Pd (Korwas SD) Germanus Tena Bulu,S.Pd (Korwas SMP),Samuel kali, S.Pd (Korwas SMA/SMK),Ibrahim Boimau, S.Pd, M.Pd (Narasumber) peserta TOT-GMP yaitu guru-guru dari tingkat SD,SMP,SMA & SMK lingkup Yayasan Tunas Timur. Peserta TOT merupakan perwakilan 3 orang Guru yang ditunjuk oleh masing-masing kepala sekolah.

Acara TOT diawali dengan sambutan oleh Lorens Dairo Riti,S.Pd pengawas sekolah dasar (Korwas SD) Kab.Sumba Barat Daya . Dalam sambutan Lorens Dairo Riti menyampaikan apresiasi kepada Dr.Soleman Lende Dappa ketum Yayasan Tunas Timur yang sudah mencetuskan pelatihan TOT di Yayasan Tunas Timur (Yatutim).

“Memajukan pendidikan itu bukan tugas sepihak saja,namun bersinergi bersama demi kemajuan loda weemaringi pada wemalala adalah tugas kita bersama”Ucap Lorens Dairo Riti.

Menurut Lorens bahwa sangat strategis jika hari itu semua di undang untuk mengikuti kegiatan TOT. Dilatih untuk menjadi pelatih,setiap peserta TOT yang datang bukan hanya datang mengambil ilmunya saja .Namun harus di bagikan juga kepada rekan-rekan guru lainnya dilingkup Yayasan Tunas Timur bahkan lebih luas.

“Kegiatan ini sangat penting Dimana saat ini kita ketahui mutu pendidikan di SBD jauh tertinggal dari beberapa kabupaten kota yang di NTT dan hari ini kami perwakilan dinas pendidikan SBD bangga bisa berkolaborasi bersama Yayasan Tunas Timur. Ini kesempatan yang luar biasa seperti sebuah lagu yang mengatakan hidup ini adalah kesempatan jadi kesempatan saat ini mari kita saling berbagi ilmu yang ada sehingga akhirnnya kita maju bersama-sama dan terus bersinergi untuk membawa generasi SBD menuju generasi emas” kata Lorens Dairo Riti

Germanus Tena Bulu,S.Pd (Korwas SMP) juga menyampaikan hal yang sama bahwa memajukan pendidikan tidak bisa sepihak saja dan sepatutnya semua eleman harus terlibat di dalam nya. Mengingat pentingnya sinergitas dalam peningkatan mutu pendidikan di Kab.SBD

“Ini adalah dobrakan luar biasa yang dilakukan Bpk.Soleman Lende Dappa(SLD). Dimana dengan adannya kegiatan TOT ini yg kita kejar bukan lagi kualiatasnya tapi kuantitasnya.

Dengan kegiatan TOT ini kita membentuk teman-teman guru ini menjadi ujung tombak,sehingga kegiatan 3 hari kedepan ini memeliki hasil yang berdampak bagi sekolah kita masing-masing”Ucap Korwas SMP

Senada juga apresiasi dari Samuel Kali,S.Pd sebagai koordinator pengawas Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan(Korwas SMA/SMK) menyampaikan bahwa pelatihan TOT yang dicetuskan oleh Dr.Soleman Lende Dappa dengan peserta dari guru tingkat SD,SMP,SMA & SMK di lingkup Yatutim. Training Of Trainer dinilai peristiwa yang sangat luar biasa dan baru pertama kali terjadi dilingkup Kabupaten Sumba Barat Daya

“ini semua terjadi bukan secara kebetulan, namun semua karena rencana TUHAN kita bisa dipertemukan lewat kegiatan TOT ini yang bertujuan untuk menguatkan peran guru dalam mengembangkan pembelajaran yang ada disekolah.
Luar biasa hari ini Training of Trainer pertama lingkup Yayasan Tunas Timur diikuti secara antusias oleh peserta”pungkas Samuel Kali

Selanjutnya diharapkan akan ada tindak lanjut untuk pelatihan berikutnya sehingga peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang maksimal dari TOT dan menjadi pelopor penguatan di lembaga pendidikan Yayasan Tunas Timur.

Kemudian secara resmi Dr.Soleman Lende Dappa ketua umum Yayasan Tunas Timur membuka kegiatan Training Of Trainer atau TOT . Dr.Soleman Lende Dappa (SLD) menegaskan bahwa acara TOT itu merupakan acara penting yang akan dilaksanakan berkelanjutan supaya benar-benar menghasilkan kader yang militan dan berkualitas dalam peningkatan mutu atau kualitas pendidikan .

“Yayasan Tunas Timur harus menjadi contoh dan Marilah kita pahami tujuan pelatihan ini secara utuh. Diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya,karena di akhir pelatihan nanti semua peserta akan mendapatkan sertifikat yang pasti nya akan membantu dalam dunia kerja “Tegas SLD

Setiap peserta yang aktif dan unggul dalam pelatihan Training Of Trainer akan dipersiapkan menjadi pelatih di pelatihan selanjutnya di lingkup yayasan tunas timur bahkan menjadi guru penggerak di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya. Selanjutnya SLD menuturkan perlu hadirnya pemuda-pemudi yang memiliki karakter integritas,intelektual yang mumpuni serta menjadi pemimpin yang revolusioner untuk kemajuan pendidikan di SBD bahkan secara umum.

“Kedepan kita membutuhkan pemimpin2 yang revolusioner,anak-anak mudah yang memiliki karakter integritas,intelektual dan kapasitas yang luar biasa. Lewat pelatihan TOT saya harapkan semua peserta dapat memahami dengan baik tujuan pelatihan yang pastinya melatih bagaimana kita mengabdi secara utuh di lingkup Yayasan Tunas Timur”Jelas SLD

TOT di ikuti secara antusias oleh guru-guru perwakilan 3 orang dari setiap sekolah lingkup Yayasan Tunas Timur .

Terpisah,SLD menilai perlunya penguatan kompotensi guru yang memadai dan mudah adaptasi terhadap perubahan . Guru yang kompoten dapat menghasil peserta didik yang berkarakter dan prestasi. SLD merasa perlu untuk wujudkan terobosan untuk merubah status Sumba khususnya SBD sebagai daerah tertinggal dalam pendidikan di wilayah NTT.

“Jika kita mau merubah Daerah dan bangsa ini dari berbagai ketertinggalan, maka solusinya adalah Harus Sekolah agar pandai, cerdas dan berubah menjadi org yg berhikmat dan bisa putuskan yg jahat dan yg baik. Cara berfikir yg baik akan mampu merubah suatu daerah dan bangsa” Tutup SLD

Ketertinggalan hari ini bukan kesempatan terakhir . Sekolahkan anak adalah Tiket masa depan serta mendidik seseorang yang setia adalah selamatkan satu generasi dan warisannya.

 

 

(SNC/Dedy Lero)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *