Jokowi Hadiri Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara Surabaya, Ada Prabowo-BG

SLDNews.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi), menghadiri acara peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya dan pencanangan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara Makassar dan Manado.

Dalam acara tersebut, terlihat Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala BIN Budi Gunawan (BG).

Acara peresmian AMN Surabaya disiarkan secara langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

Hadir juga dalam acara itu Mendikbud Nadiem Makarim, Seskab Pramono Anung, hingga Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak.

Jokowi, Prabowo hingga BG terlihat mengenakan pakaian berwarna merah dengan tulisan AMN di sebelah kanan dadanya. Seragam warna merah ini juga dipakai oleh para mahasiswa yang hadir.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, para mahasiswa menyanyikan Mars Asrama Mahasiswa Nusantara.

Selanjutnya, acara dilanjutkan penampilan mahasiswa AMN yang berkolaborasi dengan paduan suara dan orkestra STIN. Lagu Ojo Dibandingke turut dinyanyikan dalam acara itu.

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden.

Berikut ungkap Jokowi melalui Akun Facebooknya, Presiden Joko Widodo:

Pada mulanya adalah usulan dari tokoh Papua yang prihatin terhadap gesekan antarmahasiswa yang masih terjadi di sejumlah daerah, utamanya di kota-kota pendidikan. Ini karena masing-masing provinsi memiliki asrama sendiri, tidak saling mengenal. Saya pun menyetujui usulan pembangunan asrama mahasiswa di sejumlah provinsi untuk membangun kerukunan mahasiswa antardaerah.

Akhirnya, hari ini, saya bisa meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya. Ada 410 mahasiswa yang terdaftar sebagai penghuni asrama ini. Mereka datang dari berbagai daerah dan suku bangsa. Di asrama ini mereka berbaur jadi satu.

Sesuai tujuan awalnya, di AMN mahasiswa dari seluruh Indonesia dapat saling mengenal dan belajar mengenai budaya masing-masing daerah. Mereka juga diberikan pembekalan terkait wawasan kebangsaan, dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

Setelah AMN Surabaya, saya juga mencanangkan pembangunan AMN Makassar dan Manado“.

(SNC/Peter Pale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *