Kampung Situs Wainyapu di Lahap Si Jago Merah

WAINYAPU SBD, SLDNews.com – Rumah adat Kampung Wainyapu, Desa Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar, Selasa (20/09/2022) pukul 01:00 dini hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah yang terbakar 23 unit. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Setempat, Yakub Holo.

Benar ada kebakaran rumah kampung situs wainyapu, 23 unit yang terbakar dan 10 yang tidak, itu pun karena masyarakat bersama pemdes setempat menyelematkan dengan cara manual,” kata Kades pada media ini.

Kata kades setiap rumah adat yang ada di kampung wainyapu dihuni oleh 1 (satu) kk saja dan peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Memang tidak ada korban jiwa, tetapi harta benda seperti makanan, pakian dan hewan peliaraan hangus dimakan si jago merah,” tutur Yakub.

Adapun kerugian yang disebabkan oleh kejadian ini, menurut kades Yakub mencapai miliaran rupiah.

Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui secara jelas, namun kades menuturkan bahwa ada orang yang membakarnya.

“Kami menduga ada yang bakar dan pihak Kepolisian dan TNI setempat sedang mendalami kejadian ini,” kata Kades.

Kades juga sampaikan, bahwa sejak kejadian tadi malam sampai dengan pagi ini, pihak Pemda dalam hal ini dinas dan lembaga terkait belum terlihat turun lapangan.

“Tetapi kami sudah konfirmasikan juga,” tandasnya.

Pihaknya berharap, selain Pemerintah Desa (Pemdes) wainyapu dari pemerintah pusat, provinsi dan Pemda SBD maupun pihak lainnya seperti donatur yang berkenan dapat memberikan bantuan.

“Hal yang paling konkrit sekali berupa bantuan primer seperti, pakaian, logistik dll. Karena ada sekitar 20 lebih KK penghuni rumah yang rumahnya hangus terbakar,” imbuhnya.

(SNC/Johan Sogara)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *