News  

Hadiri Pembukaan Sidang Raya Sinode GKS, SLD Berharap Gereja Jadi Pelopor Pembaharuan

SLDNews.com – Dr Soleman Lende Dappa, S.Hut.,M.Th.,M.Pd.K menghadiri acara pembukaan Sidang Raya Sinode Gereja Kristen Sumba (GKS) ke 43.

Kegiatan itu digelar di GKS Waimangura Klasis Waimangura Yango, Desa Waimangura, Kecamatan Wewewa Barat (Webar), Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (20/07/2022).

Sidang Sinode itu digelar sebagai ajang Penyusunan Program sekaligus Pemilihan Badan Pengurus Sinode GKS selama 4 tahun masa kepemimpinan kedepan.

Sidang Sinode bagi Gereja Kristen Protestan Sumba merupakan sebuah kegiatan yang berkesinambungan, dimana dalam kegiatan ini, dilakukan laporan dan evaluasi pelaksanaan keputusan sidang Sinode yang dilaksanakan oleh pengurus yang terpilih, merumuskan garis besar program dalam bentuk keputusan sidang Sinode, peraturan atau tata gereja serta pemilihan pengurus sebagai mendataris yang akan melaksanakan keputusan.

Usai kegiatan pembukaan, disela-sela kesibukannya, Dr Soleman Lende Dappa kepada media ini menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan sidang Sinode GKS ke 43.

SLD sapaan akrabnya itu mengatakan, semoga dalam proses persidangan berlangsung selama beberapa hari kedepan dapat melahirkan keputusan bersama dalam memilih Ketua Umum dan sekretaris umum yang kemudian akan menakodahi tongkat estafet kepemimpian satu periode mendatang, serta dapat melahirkan ide-ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan zaman era globalisasi yang semakin berkembang pesat.

“Saat ini kita dihadapakan dengan berbagai macam persoalan. Dampak Covid-19 dan Covid Varian Baru sangat kita rasakan bersama, bahwa banyak masyarakat yang mengeluh akan kehadirannya sehingga banyak batasan-batasan yang harus dipatuhi agar memutus mata rantai penyebarannya. Selain apa yang telah disampaikan Bapak Gubernur NTT Vikror Bungtilu Laiskodat bahwa NTT saat angka stunting dan kekerasan terhadap perempuan dan anak sangat tinggi di NTT, sehingga dengan begitu gereja harus lebih berperan aktif untuk mencegah masalah-masalah ini,” kata SLD.

Di lain sisi, dirinya juga menyampaikan persoalan hama belalang kumbara yang sudah menyerang tumbuh-tumbuhan padi, jagung dan lain-lainya di hampir seluruh Pulau Sumba. Ia meminta agar gereja juga melihat itu, sebab ini salah satu faktor yang mempengaruhi perekonomian masyarakat. Sehingga harapannya, melalui sidang Sinode juga dapat melahirkan rekomendasi untuk pemerintah untuk menjawab persoalan itu.

Menurutnya, sesuai tema kegiatan itu bahwa ‘akulah yang awal dan yang akhir’, maka perlu adanya hubungan baik antara sesama umat manusia, alam beserta isinya.

SLD juga sangat berharap Pimpinan Sinode yang terpilih kedepan, adalah yang mampu mempersatukan semua elemen GKS dan para stakeholders, pemimpin yang bisa membawa angin segar bagi kemajuan pulau Sumba serta membawa terobosanbuntuk gereja, bangsa dan negara.

Mengakhiri wawancara, ia tetap memberikan semangat dan proficiat atas pelayanan gereja selama bertahun-tahun di Pulau Sumba.

“Mari kita sama-sama jaga pulau ini dengan julukan Negeri Sandelwood agar tetap tertanam kasih dalam kehidupan umat manusia,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan itu dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dalam sambutannya Gubernur VBL mengatakan Provinsi NTT masih dihadapkan pada permasalahan kemiskinan, sumber daya manusia yang masih terbelakang dan stunting. VBL berharap, dengan persoalan itu gereja harus terlibat aktif dalam mengatasi permasalahan-permasalahan itu.

Hadir dalam kesempatan itu, Uskup Keuskupan Weetebula Mgr. Edmundus Woga CSsR, Ketua Umum Sinode GKS Pendeta Alfred Djma Samani S.Th.M.Si, Sekretaris Umum PGI Pdt. A. A.Yewangeo, Dewan Pengarah Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Anggota DPR RI Ratu Ngadu Bonu Wulla, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs.Heri Sulistianto, Bupati Sumba Timur Kristofel Praing, Bupati SBD dr.Kornelis Kodi Mete, Wakil Bupati Sumba Tengah Daniel Landa, Wakil Bupati Sumba Barat John Lado, Tokoh muda, MU/Dosen UNIV Ciputra Surabaya, Dirut Bank NTT Hery Alexander Rihu Kaho, Kepala Kemenag Kabupaten SBD, Ustad Ahmad Abubakar Ketua MUI Kabupaten SBD Ramadhan Ba’ayu, Ketua NU Kabupaten SBD Ir.Inyoman Agus, Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten SBD, Melkianus Lubalu Pemilik PT Bumi Indah, Rektor Universitas Satya Wacana, Rektor Unkriswina, Ketua GKS STT Lewa, Ketua Yumerkris, GKI Kabayoran Jakarta, Ketua Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia, (LPMI), Ketua Klasis GKS se Sumba, Ketua-Ketua BPMJ GKS se Pulau Sumba, Pdt se GKS Pulau Sumba dan tamu undangan lainnya.

(SNC/AKT)

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *